Selasa, 15 Mei 2012

BER-SMS, ALAT BANTU TERAPI STRESS

Ternyata ber-sms-an, dapat digunakan untuk alat bantu terapi stress, depresi.  Berikut sebuah tulisan mengenai terapi tersebut.


Assistant Professor Adrian Aguilera's Text Messaging Program Keeps Patients Connected

Clinical psychologist and School of Social Welfare Assistant Professor Adrian Aguilera -- who is investigating the effectiveness of text messaging as part of the treatment of depression and other mental disorders -- says that the his patients report feeling "more connected and cared for" when they receive texts prompting them to "track their moods, reflect on positive interactions and take... prescribed medications." Among Professor Aguilera's patients are low-income Latinos, who have the option of receiving the messages in Spanish.  Sumber ( http://socialwelfare.berkeley.edu/NewsEvents/aguilera_sms.shtml )


Profesor Adrian Aguilera, seorang psikolog klinis di University of California, Berkeley, mengatakan beberapa pasiennya melaporkan merasa lebih diperhatikan dan didukung ketika mereka menerima pesan teks. "Ketika menerima SMS saat situasi sulit, saya merasa jauh lebih baik karena merasa merasa diperhatikan dan didukung," kata Prof Adrian menirukan ucapan salah seorang pasien di San Francisco General Hospital.
Penelitian Profesor Aguilera dimulai pada 2010 dengan projek pesan singkat di mana pasien dikirim pesan teks otomatis yang mendorong mereka untuk berpikir dan menjawab tentang suasana hati mereka dan tanggapan terhadap interaksi sehari-hari, baik yang positif maupun negatif.  
"Kami memanfaatkan teknologi yang biasa digunakan orang dalam kehidupan mereka sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan mental," katanya.
Aguilera menyadari itu saat banyak pasiennya mengalami kesulitan menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di kelas terapi untuk kehidupan sehari-hari.  Para pasien tersebut tidak mampu membeli laptop, tablet, atau ponsel pintar, tetapi kebanyakan punya telepon selular.   Oleh karena itu, timbul gagasan untuk memanfaatkan telepon seluler sebagai alat bantu terapi bagi pasiennya melalui pengiriman SMS - Short Message Service.
Ber-SMS-an memberikan wawasan baru dalam kebutuhan jiwa manusia untuk berkomunikasi. Ini merupakan sebuah gagasan yang baik bagi profesional kesehatan mental.

Kontak kami

Kontak kami
HP/WA :0857.9565.0857

Diguanakan sebagai SMSCenter

Diguanakan sebagai SMSCenter

Mengelola SMS

Mengelola SMS
Kelola SMS Masuk, Keluar dari konsumen Anda